Wednesday, September 19, 2012

Demam Gangnam Style

Wah,, wah,, wah ,, syapa coba yang gak kenal sama tarian langka Gangnam Style?? Gangnam Style adalah single K-POP yang dinyanyikan oleh Rapper asal Korea Selatan yang bernama Park Jae Sang, atau lebih dikenal dengan PSY. Gangnam Style mendapat banyak pujian dari politikus karena tariannya yang humor dan catchy serta tarian Psy yang tidak biasanya telah memperkenalkan K-pop kepada orang seluruh dunia.

Latar belakang dari Gangnam Style itu sendiri, bermula dari kata "Gangnam" merupakan suatu distrik di Negara Korea Selatan. Yang menggambarkan gaya hidup mewah, kawasan yang makmur dan trendi di Seoul yang terkenal sebagai area elit yang banyak tinggal oleh artis papan atas, public figur, maupun artis-artis terkenal lainnya. Pada Video musik ini menggambarkan PSY menari di berbagai lokasi yang ada di Gangnam dan menceritakan tentang gaya hidup lelaki kaya raya Gangnam yang disukai banyak wanita.

Pada Video musik ini menampilkan gaya Psy yang sedang menunggangkan kuda yang lucu dan muncul disekitar lokasi gangnam yang tak terduga. Seperti di sesi yoga, diluar ruangan, dna diruang mandi bak air panas. Bagi mereka yang sudah akrab dengan budaya Korea sudah pasti akrab dengan Gangnam-Style, adapun yang tampil pada Video Musik Gangnam-Style adalah :

  • Anggota 4Minute, Kim Hyun-a berperan sebagai pujaan hati Psy dan muncul di sesi dua bagian tarian terakhir.
  • Komedian dan presenter Korea Selatan Yoo Jae-Seok, yang berperan sebagai lawan duel Psy dalam menari.
  • Komedian Noh Hong-cheol menari di dalam sebuah lift dengan ciri khasnya yang "menggoyangkan pinggul".
  • Anggota Big Bang, Seungri dan Daesung juga muncul dalam video musik, tampil sebagai dua lelaki tua yang sedang bermain catur di latar belakang.
  • Hwang Min-woo, seorang anak berusia 5 tahun yang terlihat menari di awal video. 

Adapun pesan dibalik Gangnam-Style itu sendiri yabg jelas video ini menggombali warga Korea yang sangat banga mengekspor musik mereka ke amerika serikat. "Rakyat Korea banyak menyebut Psy adalah salah satu simbol kebanggan nasional," dan dinobatkan juga Gangnam-Style bisa menjadi alat promosi Korea Selatan. dan Seoul sudah menjadi kota yang lebih kosmopolirtan dan global. Apalagi budaya korea kini semakin mendunia sejak meningkatnya popularitas film tv, musik, seperti Gangnam-Style dari Psy.

0 comments:

Post a Comment