Wednesday, September 19, 2012

Supply Chain Management pada NOKIA


Nokia Memproduksi  ponsel di 15 Manufaktur yang terletak pada 15 negara di seluruh dunia seperti : Brazil, China, Finlandia, Inggris, Hungaria, India, Meksiko, Rumania, dan Korea Selatan.  Kemudian mentransfer transfer ke pusat depot nokia yang terletak di Gurgaon. Mereka juga memberikan bantuan dalam pemilihan saluran mitra seperti redistributor, Dealer, franchisee, dll Selain itu mereka memberikan bantuan keuangan dalam pengembangan Store untuk dealer Prioritas Nokia, membantu dalam promosi produk pada skala massal dan juga di toko dan pelatihan penjualan memaksa mitra di setiap tingkatan.

Dengan rantai pasokan yang sangat kompleks yang menangani 100 miliar komponen, 60 strategi pemasok, dan 10 pabrik di seluruh dunia, Nokia harus sangat fokus dalam upaya transformasi mereka. Pengenalan produk baru dan variasi sangat intensif dimana ponsel dapat mewakili 170 variasi handset dan 250 penjualan varian paket. Untuk mendukung kompleksitas ini, filsafat operasi telah: berpikir secara global, bertindak secara lokal, yaitu menyeimbangkan pengambilan keputusan lokal dengan perencanaan global.

Nokia mulai mentransformasi SCM  mereka pada tahun 1995 dengan strategi menggantikan persediaan dengan informasi dan menciptakan rantai pasok pull-driven dengan integrasi end-to end menghubungkan pemasok, pabrik, telekomunikasi operator, mitra saluran, produsen kontrak, bank, penjualan, iHubs, dan logistik penyedia layanan kepada konsumen. Pendekatan mereka adalah untuk menciptakan jaringan pemasok yang paling efisien untuk menawarkan solusi terbaik untuk memenuhi harapan pelanggan. Fundamental untuk sukses termasuk menciptakan kemitraan berbasis nilai dengan pemasok, berdasarkan informasi faktual, kepemimpinan, fleksibilitas dan kepercayaan - "Membuat hal yang mustahil melalui kolaborasi". Berdasarkan pendekatan ini, jaringan pemasok kini dianggap sebagai titik pusat untuk mencapai tujuan perusahaan mereka: produk besar, keunggulan operasional, dan kepuasan pelanggan.

Hasil transformasi mereka telah menghasilkan sesuatu yang sangat mengesankan dengan peningkatan penjualan dan persediaan komponen berkurang tidak hanya dalam Nokia, tetapi juga mengurangi persediaan seluruh pipa, termasuk pemasok dan persediaan pelanggan. Sumber keunggulan adalah bahan utama untuk transformasi model bisnis nokia. Termasuk manfaat waktu-ke-pasar, manajemen risiko, kelincahan dan fleksibilitas model keuangan. Nokia yakin ada dua faktor penting yang berperan bagi keberhasilan transformasi mereka: kepemimpinan dan komunikasi visi.

filosofi kepemimpinan bergantung pada empat elemen yang sama pentingnya: kepala, jantung, tangan, dan nyali. Atribut-atribut kepemimpinan yang dicontohkan melalui energi dan semangat, kepercayaan sebagai dasar untuk bisnis, fokus dan dorongan, komunikasi aktif dan akhirnya, eksekusi tanpa cela.
Nokia Distribution Structure –GSM

Nokia telah pemimpin pasar di pasar ponsel tidak hanya dalam hal penjualan volume dan nilai, tetapi juga dalam hal pengaturan praktik terbaik dan contoh dalam pemilihan supplier. Nokia mengelola salah satu jaringan distribusi terbesar di antara perusahaan ponsel global. Mulai dari desa kecil di pulau dari beberapa selatan-timur jauh Asia seperti Tahiti ke pasar negara-negara maju seperti AS dan Eropa Barat.

Info HCLI (formerly Hindustan Computers Ltd.), telah menangani distribusi ponsel Nokia di India selama 10 tahun. Nokia mengikuti pola yang sama di pasar global yang berbeda memiliki tie-up dengan perusahaan lain dengan ditetapkan jaringan untuk distribusi ponsel mereka. Baru-baru ini Brightstar Eropa hari ini mengumumkan perjanjian distribusi dengan Nokia. Perjanjian ini akan berfokus terutama pada pasar IT reseller, Value-Added Reseller (VAR) dan sektor B2B di Perancis. Para distributor melakukan peran ganda dalam rantai pasok. Mereka bertindak sebagai reseller untuk ponsel GSM.

Retailers / Dealers
Dealer menjelaskan setiap dari peluncuran  fitur ponsel baru, skema yang berbeda. Persediaan selalu hanya berupa panggilan telepon dan pengiriman dibuat dalam beberapa jam. Selain itu, Nokia membantu dealer sebagian besar di wilayah di toko set-up dan desain. Titik harga kadang-kadang ditentukan berdasarkan jenis outletnya. Norma saham menentukan untuk berapa hari senilai saham dan tidak setiap tingkat dalam rantai pasok harus memiliki saham. Hanya Norma-norma yang ditetapkan oleh Nokia saja.

Mengingat di bawah ini adalah norma saham: Target diharapkan memenuhi tingkat tertentu ditentukan oleh rumus berikut:

Expected target = (30 / No. of working days) * Stock Norm for that level
Nokia Distribution Structure –GSM

Pada Ponsel CDMA operator jaringan perlu ponsel dikirimkn kepada ereka sebelum dikirim ke pasar. Handset CDMA yang diproduksi dan kirim ke pusat gudang nokia, sama seperti dalam kasus ponsel GSM. Dari sana mereka langsung dikirim ke operator selular jaringan lokal di wilayah tersebut. Operator jaringan selular merakit ponsel masing-masing dengan jaringan kartu SIM. Kemudian mengirimkannya ke outlet asosiasi sendiri dan distributor besar. Para distributor besar selanjutnya mentransfer handset untuk agen, rantai toko, dll untuk penjualan ritel.

Sourcing Suistanability

Sumber komponen NOKIA,  bahan dan jasa dari pemasok di seluruh dunia. Kegiatan sourcing    pada NOKIA dapat dibagi menjadi dua kategori:
  • Direct Sourcing - mengurus pasokan bahan untuk produk Nokia, seperti komponen, suku cadang, kemasan, pengembangan perangkat lunak dan penelitian dan pengembangan.
  • Indirect Sourcing - meliputi peralatan seperti perabot kantor dan komputer. Ini juga mencakup layanan seperti konsultasi, IT, dan pemasaran yang membeli untuk digunakan sendiri.


Sourcing Materials

Nokia adalah pemimpin industri dalam pengelolaan bahan. Tujuan utama mereka adalah bahwa mereka tahu semua bahan dalam produk kami, bukan hanya mereka yang menyuarakan keprihatinan mereka, dan bahwa mereka aman bagi orang-orang dan lingkungan bila digunakan dalam cara yang tepat. Organisasi mereka sourcing dan pemasok memainkan peran kunci dalam memastikan komponen dan suku cadang yang aman dan sesuai dengan Nokia Substance List (NSL).



0 comments:

Post a Comment