Sunday, November 11, 2012

Ujian Kyu Karate

Ujian Kyu,, apa itu ujian kyu? ada yang tahu? gak ada maka anda harus cari tau,, bagi yang sudah tau selamat anda berhasil untuk memahami yang saya maksud, Dan bagi anda yang gak tau, teruskan saja membaca maka anda akan tau. hoho

Ujian Kyu adalah istilah yang digunakan oleh para bela diri karate untuk melanjutkan naik ke warna sabuk berikutnya. Nah, biasanya pada sabuk putih tingkat kyu nya adalah 10, dan ketika dilakukannya ujian kyu maka jumlah kyu nya akan berkurang. Mulai dari putih kyu 10 kyu, Kuning kyu, 9,8,7, Hijau kyu 6, biru 5,4 coklat 3,2 dan hitam kyu 1. Kurang lebih begitu. Inti yang ingin aku bahas pastinya bukan sejarah, kisah asal mula kyu atau Karate, aku hanya mau nge-share pengalaman ujian kemaren.

Oke, kita mulai saja, aku mulai pertama kali ikut karate sejak pertama kalinya aku masuk ke ITS. Disini start aku mengenal gerakan karate. Dulunya sih aku pernah ikut Taekwondo tapi gak bertahan lama. Kalo ditanyak alasan aku masuk karate, ya aku ingin melindungi orang-orang yang aku sayangi. Itu ceritaku, apa ceritamu?. ohya, dulu pas awal masuk karate kyu ku 10, dan kemaren adalah ujian kyu yang ketiga aku ikuti, jadi kyu ku sekarang adalah 6. Jadi sekarang sabuk ku "Hijau", tapi pas latian aku selalu memakai sabuk biru, itu adalah sabuk pertandingan, bukan bermaksud untuk membohongi orang lain. Tapi terus terang aku juga pingin cepat-cepat naik ke sabuk Biru. hoho

Kemarin penguji ujian kami adalah sensei Wawan, beliau adalah orang yang sangat bijak sana dan sangat sabar dalam menguji dan juga sangat tegas. semua gerakan yang disajikan dengan speed yang tajam dan power yang luar biasa. beliau sekarang DAN 6 (tingkatan setelah kyu, biasanya untuk Sensei yang berpengalaman). ALhamdulillah, ujian bisa aku jalani dengan lancar, dan sering sekali sensei Wawan untuk memintaku sebagai contoh untuk melakukan gerakan-gerakan.

Hal yang perlu aku perbaiki banyak sekali mulai dari kimek gerakan, hingga staminaku yang masih sangat minim. Ini sangat penting untuk ditingkatkan. Karena Lemak di badanku semakin merajalela, staminaku semakin berkurang. Selama 3 jam kami menghabiskan Ujian ini, dan aku merasa lega, dan aku harus mempersiapkan pada ujian yang akan datang.

Targetku kedepan adalah bisa turun sampek ke kyu 2 sabuk coklat, yah minimal bisa meyakinkan kalo aku ini anak karate, ntar pas ditanya udah sabuk apa? kalo dijawab sabuk coklat, yah minimal kita sudah dianggap hebat sebagai anak karate. daripada dijawab masih sabuk hijau, pamor nya kurang "Cetar Membahana", masih "Cetar saja".."


0 comments:

Post a Comment