Saturday, January 19, 2013

Student Exchange Dankook Univ (KOREA)

Sekedar mau sharing aja neh tentang pengalaman saya kemarin pas ngelamar Program Student Exchange ke Dankook University Korea dari  International Office ITS (IO ITS), "io.its.ac.id". Program ini di prakasai oleh "Global Korean Scholarship"(GKS), memberikan kebebasan pembiayaan pada mahasiswa-mahasiswa yang terpilih sebagai calon student exchange ke Dankook Univ. Biaya yang ditanggung berupa biaya tiket flight pulang pergi, biaya kuliah "tuition", biaya tempat tinggal dan biaya hidup selama disana. Program ini dilaksanakan pada musim Semi dan musim Gugur dari bulan Maret s/d Desember. Ada 2 pilihan "Spring Season" selama 4 bulan dan "Spring and Fall Season" selama 10 bulan.

Kebetulan saya sempat mendaftar mencalonkan diri ke Dankook Univ. Banyak persyaratan dokumen yang harus dilengkapi seperti harus mengisi form pendaftaran, form essay, dan berkas-berkas lain, duedate pendaftarannya 14-januari-2013 kemarin. Berikut akan saya jelaskan :
1. Exchange Student Application Form
2. Study Plan and Self Essay
3. Certificate of Enrollment & Transcript
4. An official Letter of Recommendation from your University
5. Pas Photo
6. Immunization Form-attached
7. Sertifikat Prestasi
8. Pasport (kalau ada)

Perlengkapan diatas harus dilengkapi untuk memasuki tahap awal. Pada tahap ini semua berkas akan diproses kemudian akan diumumkan untuk masuk pada tahap selanjutnya,dan tahap selanjutnyaberupa sesi wawancara, nah disini yang sangat menentukan kita untuk layak berangkat ke Dankook Univ atau tidak. Wawancara diadakan dengan bahasa inggris, yang berisi pertanyaan tentang diri kita sendiri, seperti ; Sterngth/weakness, tujuan belajar kesana, dan apa alasan kita sehingga kita layak diterima oleh Dankook Univ. Semua pertanyaan dan jawaban menggunakan bahasa inggris. Tujuan dari wawancara ini adalah untuk mengetahui seberapa besar motivasi kita untuk belajar ke Dankook Univ "Negeri Ginseng".

Kita tidak perlu menunggu lama, karena hasilnya sehari setelah wawancara udah keluar, dan yang diambil hanya 2 orang untuk berangkat ke Dankook. Saya tidak termasuk didalamnya. hehehe. Bagi anda mungkin yang ingin melamar Student Exchange ke Dankook Univ agar bisa mempersiapkan jauh-jauh hari agar hasil yang diraih lebih optimal. Walaupun saya tidak lulus kesana saya tetap bahagia karena kakak leting dari jurusan saya bisa kesana dengan membawa nama Jurusan System Informasi ITS.

2 comments:

  1. Great info! I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don’t know what to say except that I have. civilsupplieskerala.gov.in

    ReplyDelete