Wednesday, February 27, 2013

THE BILLIONAIRE, "Top Secret."


“Jangan patah semangat apapun yang terjadi, jika kita menyerah habislah sudah..”

Film ini sangat memotivasi bagi para enterpreneur, dengan dibumbuin dengan kisah seorang pemuda yang bekerja keras untuk mencapai mimpinya hingga menjadi kenyataan. Film yang berjudul TOP SECRET / THE BILLIONAIRE ini meninggalkan pesan bagi kita bahwa “apapun yang terjadi jangan pernah terucap kata menyerah, karena jika kita menyerah habislah sudah dan itu akhir dari apapun yang terjadi.

Film ini menceritakan tentang kisah nyata tentang seorang pengusaha rumput laut dari Thailand yaitu Top Ittipat. Berawal ketika Top masih sebagai pelajar Smu yang berusia 16 tahun sangat tergila-gila sama game online yang membuat Top menghasilkan banyak uang tetapi sayang nasib beruntung tidak selalu berpihak pada dirinya.

Top mulai mencoba-coba mecari uang, bagaimana pun caranya dia harus mendapatkan uang dengan jerih payahnya sendiri. Tetapi dari usahanya itu Top tidak menghasilkan apapun atau nihil. Setelah merenungkan dan berpikir tentang nasibnya Top mencoba untuk memulai bekerja dengan menjual kacang ala Thailand, walaupun Top kuliah di jurusan bisnis, namun Top sudah banyak sekali bolos kuliah akibat memikirkan bisnisnya.

Dalam bisnisnya menjual kacang goreng, Top coba mensurvey kelapangan tentang jenis kacang yang paling diminati banyak orang, tempat yang strategis dan cara mendapatkan rasa kacang yang sangat enak.  Ketika menjalankan bisnisnya ini tidaklah selancar yang ia bayangkan, Top harus melewati banyak resiko dan masalah.

Hal itu membuat Top merasa sangat drop karena gagal dalam menjalankan bisnis kacang gorengnya, belum lagi masalah dengan keluarganya dan kemudian masalah dengan pacarnya. Peristiwa ini benar-benar membuat Top harus bersabar ekstra untuk mencapai impiannya. Karena karakter Top disini adalah seorang pantang menyerah dan mempunyai ambisi yang kuat ia tidak pernah kehabisan akal dan ide untuk bangkit dari keterpurukannya.

Kemudian Top memulai langkah awal dalam memulai bisnisnya, yaitu menjaul rumput laut. Sebelumnya Top tidak pernah tahu bagaimana cara memasak rumput laut. Tetapi Top terus mencoba bagaimana caranya rumput laut yang dia masak enak dan laku dipasaran. Menjalankan bisnis rumput laut ini tidak lah semudah membalikkan kedua telapak tangan, Top banyak sekali menghadapi liku-liku dalam menjalankan bisnis ini. Dan dalam menjalankan bisnis rumput laut ini Top dibantu oleh pamannya.

Puncak dari cerita ketika Top pulang ke rumah dan melihat pamannya pingsan dan tak sadarkan diri. Dan pada saat itu juga terjadi hujan, semua rumput laut yang akan Top jual menjadi basah. Ketika itu Top berfikir dan mencoba memasak rumput laut yang basah itu alhasil, rumput laut nya menjadi lembut dan enak sehingga banyak diminati masyarakat. Disinilah puncak kejayaan Top. Dia berhasil menemukan resep rumput laut baru dan memasarkannya.

Inti pelajaran dari film ini banyak hala yang bisa kita ambil. Jangan pernah menyerah apapun resiko yang menimpa kita, karena kita tidak tahu hasil selanjutnya. Jika kita menyerah maka habislah sudah harapan sukses pada masa depan. Dan survey lapangan sebelum melakukan bisnis sangat diperlukan, dengan begitu kita mengetahui strategi pemasaran apa yang harus kita lakukan.


Sekedar tambahan saja, barangkali jika anda pernah pergi ke 7-eleven tau sama camilan rumput laut “Tao Kae Noi” ya itulah camilan rumput laut yang dijual Top Ittipat sehingga membuat dia menjadi seorang pengusaha kaya sampai saat ini. 

0 comments:

Post a Comment