Wednesday, April 3, 2013

Pengertian Serta Perbedaan OLTP dan OLAP.


Dalam Database Warehouse pada perusahaan kita pastinya kita pernah mendengar dengan istilah OLTP dan OLAP. Sebenarnya apa itu OLTP dan OLAP, cekidot.!

Online Analytical Processing (OLAP) adalah metode pendekatan untuk menyajikan jawaban dari permintaan proses analisis yang bersifat dimensional secara cepat, yaitu desain dari aplikasi dan teknologi yang dapat mengoleksi, menyimpan, memanipulasi suatu data multidimensi untuk tujuan analis. Istilah OLAP merupakan perampingan dari istilah lama database OLTP (Online Transaction Processing). 

Online Transaction Processing (OLTP) adalah sistem yang berorientasi proses yang memproses transaksi secara langsung melalui komputer yang terhubung dalam jaringan. Misalnya biasa digunakan pada sebuah supermarket, kasir menggunakan mesin dalam proses transaksinya. OLTP mempunyai karakteristik beberapa user dapat creating, updating, retrieving untuk setiap record data, OLTP sangat optimal untuk updating data. 

Pada OLTP ini sering kita temui di sekitar kita seperti supermarket,dan swalayan yang menyimpan database sistem informasi penjualan. Sedangkan OLAP adalah database yang menyimpan data sekarang dan masa lalu yang berasal dari OLTP.  OLAP bertujuan untuk keperluan analisis dan pelaporan manajemen dalam rangka pengambilan keputusan.

Perbedaan antara OLTP dan OLAP :

Pada OLTP terdapat karakteristik sebagai berikut :
  1. Fungsi aplikasi OLTP merupakan satu aplikasi yang berguna untuk mendukung operasional perusahaan sehari-hari.
  2. Desain database OLTP bersifat Entity Relational dapat dinormalisasi sebelum digunakan. 
  3. Berdasarkan sumber data Data Operasional, data OLTP adalah data asli. (Datanya dapat diedit, diganti, atau dihapus)
  4. Kecepatan proses Pada dasarnya sangat cepat dan data diorganisasikan berdasarkan fungsi atau operasi seperti penjualan, produksi,dan pemrosesan pesanan.
  5. Data bisa saja disimpan pada beberapa platform, Space yg dibutuhkan Relativ kecil, hingga Pemrosesan bersifat berulang 

OLAP :
  1. Fungsi aplikasi OLAP digunakan untuk pengambilan keputusan. Aplikasi OLAP berfungsi untuk mengakses data yang besar
  2. Desain database yang De-normalized dengan sedikit table.
  3. Berdasarkan sumber data Data konsolidasi, data OLAP di peroleh dari beberapa OLTP. datanya adalah sekarang dan hari ini yang berguna untuk melakukan analisis ke depan.
  4. Berdasarkan Tujuan datanya Untuk membantu dalam perencanaan, memecahkan masalah dan mendukung keputusan. Untuk mendukung keputusan harian (operasional). biasanya OLAP digunakan seperlunya saja. 
  5. Menampilkan data dari berbagai macam aktivitas bisnis. Berorientasi pada transaksi.ngkan OLTP. 


0 comments:

Post a Comment