Thursday, July 4, 2013

First Day at PT PLN (persero)


Well, Hari ini adalah hari pertama saya kerja praktek  dikantor PLN  Tanjung Pinang, Atmosfer yang saya rasakan awalnya sangatlah berbeda dan sangat menegangkan. pikiran saya masih terasa blank tidak tau  apa yang harus saya kerjakan, saya juga tidak tau apa saja yang harus dipersiapkan  sebelum masuk dan mulai bekerja disini.  

Awal kisah saya ketika  mulai memasuki pintu kantor PLN, disana saya disambut sama orang yang ada didalam "pegawai kanotran juga" tapi namanya saya lupa, awalnya sih saya dikira customer yang ingin komplain tentang daya listrik dan sebagainya, maklum juga keadaan PLN saat ini masih tergolong kritis dikarenakan seringnya terjadi mati lampu di komplek perumahan masyarakat. Selepas itu saya dibawa ke lantai 2, disuruh untuk menemui bagian Sekum, namanya pak Iyan. Terus terang saja saya datang jam 8 pagi, tapi keadaannya masih sepi juga jadi terpaksa deh saya nunggu sekitaran 40-50 menit, setelah itu barulah kami bertemu dengan pak Iyan, dan saya masuk ke ruangannya setelah berbincang-bincang lama akhirnya saya diletakkan di lantai 1, bagian administrasi data pelanggan/catat meter, dan juga bagian manajemen aplikasi Revas, "Revenue Assurance".

Sebagai langkah awal yang harus saya kerjakan pertama kali adalah mengerjakan tugas seperti yang diperintahkan saja seperti  tugas yang saya lakukan sehari-hari adalah mengupload data ke dalam applikasi Revass. Sebuah applikasi baru yang diimplementasikan oleh PT. PLN disini. kebetulan mereka harus mengupload seluruh data pelanggan cabang rayon kota Tanjung Pinang. Yah jumlah pelanggannya lumayan banyak sih sekitaran kurang lebih 30.000 data pelanggan. Tapi buat target Semester 1 ini cuma sekitar 337 orang saja.

Saya juga sempat berfikir seperti apa sih bentuk dari "Kerja Praktek" itu, ngapain aja sih? trus kira-kira susah gak ya? tapi pas pengalaman hari pertama saya menggambarkan KP itu tidak sesulit kuliah saya selama di ITS, ternyata KP itu masih bisa nyantai juga, yah walaupun tidak terlalu berat tetapi kerjaan setiap harinya pasti ada terus,, saya pikir kalo cuma upload-upload data begini aja insya allah masih bisa dikerjakan tidak perlu harus orang Sarjana S1,, hehehe.."

Disini saya memulai pengalaman pertama saya masuk kedalam dunia kerja karena pengalaman pertama adalah suatu peristiwa yang susah namun paling diingat, orang-orang disini juga sangat welcome kepada pendatang baru seperti saya,, Yeah, This is the real life for work,,"

0 comments:

Post a Comment