Saturday, September 7, 2013

Jalan-Jalan ke kota Senggarang atau kota China?

Senggarang merupakan nama kota yang ada di pulau Bintan, kepulauan riau. Kebetulan sekali saya berkunjung kesini setelah saya dari pulau penyengat kemarin. Memang kalau di Senggarang ini lebih dikenal sebagai kota yang memiliki banyak peninggalan sejarah China. Tempat rekreasi yang bernuansa china ini terletak di pinggiran laut  merupakan tempat yang sangat indah untuk kita kunjungi dengan teman maupun keluarga.

Perjalanan menuju ke Senggarang lumayan jauh dan kalo dari pusat kotaTanjunginang kira-kira bisa memakan waktu sekitar 1-2 jam, melewati jalan yang berbukit-bukit kadang bisa membuat kita lelah, tetapi untung kemarin saya pergi dengan teman saya yang ada disini jadi ada bahan pembicaraan dan tidak bosan selama perjalanan. Soal tentang sejarah kota senggarang saya masih belum tahu atau kurang jelas, saya hanya pernah mendengar dari masyarakat sana ada yang mengatakan kota dan ada juga yang bilang cuma nama tempat aja yang diduduki oleh mayoritas masyarakat China.

Yah, kalo anda ingin mencari wisata China, disinilah tempatnya, disini terdapat banyak sekali barang-barang antik peninggalan kerajaan china yang diimpor langsung dari negara tirai bambu, China. Bukan hanya barang-barangnya saja dari china, tetapi orangnya juga terbuat dari china,, hehe maksud saya penduduknya juga kebanyakan dari china yang berkembang hingga sekarang. Selain di senggarang juga terdapat tempat wisata-wisata china lainnya seperti yang ada di jalan batu 14 tanjung pinang. Karena saya belum pernah kesana jadi saya tidak bisa menjelaskan gimana gambaran situasinya.

Hal yang hingga saat ini saya pikirkan adalah memang dimana-mana gak dikota maupun di tempat pelosok sekalipun pasti ada kota China, yang kalo di inggriskan "Chinatown", bukan hanya di Indonesia bahkan sampe keluar negeri pun orang China masih tetap exist, dari pengusaha sampe pengemis pun ada orang China, gak seperti orang kita yang sukanya sok exist,, ^peace..

Kalo ini juga tempat sembahyangnya mereka tetapi saya tidak tahau apa yang membedakan dengan yang diatas, yang jelas kalo mau masuk kedalam sini harus sopan dan tidak boleh berusara, eh, maksud saya tidak boleh rame.."

Dan yang terakhir ini adalah patung budha yang sering kita lihat di televisi, patung itu dikenal dengan banyak tangannya, dan saya sendiri gak tau berapa jumlah tangannya, soalnya males ngitung.

Oke, sampe disini saja kisah saya sekitar kota senggarang kalo ada yang mau ditambahi atau di share monggo. makasih :))

Senggarang, Kepulauan Riau.

0 comments:

Post a Comment