Tuesday, September 3, 2013

Keindahan Pulau Sabang

Siapa sangka teryata Indonesia memliki keindahan alam yang luar biasa, yang terletak diujung barat pulau Indonesia yaitu pulau sabang. Sabang dijadikan tempat wisata laut terfavorit oleh tourist di seluruh dunia setelah Bali. Jadi tidak heran misalnya ketika berkelana disekitar pantai pulau sabang kita sering jumpa sama tourist dan wisata pribumi.

Kebetulan juga pas liburan kuliah semester lalu saya menyempatkan untuk berkunjung ke pulau indah ini, sabang. Banyak sekali di  tempat wisata yang bisa kita kunjungi disini, disamping itu juga penduduk disini ramah sehingga memudahkan kita untuk bertanya-tanya kemana arah jalan. Hari pertama saya di sabang saya lebih mengutamakan istiahat kebetulan saya di sabang punya teman, teman dari kampus, rumah teman saya di desa "aneuk laot" lumayan jauh dari pelabuhan 'Balohan' tempat saya tiba dari Bnada Aceh, kira-kira 30 menit. Sabang sebuah pulau yang memiliki kota yang begitu luas dan setiap pesisirnya dipenuhi dengan pemandangan laut. 

Hari kedua di Sabang kami memutuskan untuk mengunjungi pulau Iboih, konon katanya pulau Iboih merupakan tempat terfavorit para wisatawan dan tourist. Lama perjalanan yang kami tempuh sekitar 2 jam. Sebelum ke Iboih saya meluruskan perjalanan dulu ke Kilometer 0, kilometer/km 0 merupakan pusat perbatasan ujung Indonesia paling barat yang sudah diresmikan pada masa pak Habibie. disini terdapat pemandangan laut yang indah serta tugu km 0 peninggalan masa dahulu. Dan saya juga sempat terkejut melihat babi hutan berkeliaran disekitar sini, tapi tidak apa, karena babi hutannya sudah jinak dan  tidak akan menggigit kita. 

Selepas dari tugu km 0, saya berkunjung ke pulau Iboih, dalam satu hari saya dapat berkunjung kedua tempat sekaligus, tugu km 0 dan pulau Iboh. di pulau ini saya memutuskan untuk mandi, ntah kenapa saya merasa tidak sabar untuk mandi karena liat lautnya yang sangat indah. Banyak sekali wisatawan yang snorkeling dan diving disini, tapi tempat favorit mereka adalah di Pulau Rubiah, dari Iboih nyebrang ke Rubiah sewa kapal seharga 200 ribu, kebetulan saya dan teman saya gabung dengan rombongan lain jadi tarifnya juga jadi lebih murah. perorangannya hanya sktr 25 ribu. Di Iboih juga saya menyewa peralatan snorkeling satu paket, seharga 45 ribu sekali pakai dan sampe puas. Disinilah pertama kali saya mengenal gimana snorkeling itu dan banyak juga bule2 yang mencoba Diving yang katanya mah, mereka gak level pake snorkeling2an, langsung ke level Diving.

Perjalanan menuju pulau rubiah
penghujung pulau kilometer 0, Sabang
Selain terkenal dengan keindahan lautnya sabang juga terkenal dengan makanan khas nya yang bisa membuat para wisatanya ngiler abis, seperti : sate gurita, mie jalak, bakso goreng Sin San, dan Mie sedap. Kalo sate gurita dan mie jalak anda bisa dapatkan di sekitar tempat wisata kuliner Sabang, didekat jalan Sabang fair, dan camilan andalan saya selama di sabang adalah bakso goreng Sin San, wuihh,, udah baksonya enak, terjamin halal, truss yang jualnya juga orang alim (muslim/muslimah), dan satu lagi saya pernah saya coba Mie Sedap, ini bukan mie sedap mie instant yang sering dijual di toko-toko, tapi ini adalah nama warungnya yang menjual mie sedap, mie nya sejenis mie kocok gitu, dan tersedia dalam dua variasi : mie goreng dan rebus. keduanya memiliki cita rasa yang khas dan enak pastinya.

Bakso goreng Sin San, Sabang NAD
Penjual bakso goreng Sin San
Taman wisata kuliner Sabang
Sedikit tips bagi anda yang ingin mengunjungi Sabang, anda harus melalui kota Banda aceh dan menyebrangi laut dari pelabuhan Ule lhe Banda aceh, dan pelabuhan Balohan, Sabang.

thanks :)

0 comments:

Post a Comment