Sunday, November 10, 2013

Touring in One day to PGC and Gunug Kelud, Kediri

Tema tour kali ini adalah Touring in One day, karena kami menghabiskan satu hari penuh dengan berpergian ke tempat-tempat yang indah khususnya diwilayah Jawa timur. Saya bersama dengan teman saya 3 orang sudah brencana untuk melakukan touring ini sebelumnya, sesuai dengan temanya kami menghabiskan waktu satu hari full untuk tour ke Pantai Gowa China--> dan Gunung Kelud, Kediri.

Pada hari minggu disela-sela antara kesibukan kuliah dan liburan saya menyisihkan waktu luang untuk tour ke Pantai Gowa China dan Gunung Kelud Kediri. Memang awalnya saya pikir satu hari itu adalah waktun yang sangat singkat untuk bisa menikmati panorama keindahan yang ada di Pantai Gowa China dan Gunung Kelud tapi bagi saya itu merupakan tantangan sehingga bisa memberikan kesan yang mendalam pada perjalanan kali ini.

Kami Berangkat Start dari Surabaya pukul 04.00 wib pagi dengan mengendarai sepeda motor, perjalanan pertama yang ingin kami kunjungi adalah Pantai Gowa China, dalam perjalanan ke PGC "Pantai Gowa China" jalanan sudah penuh oleh beberapa sepeda dan orang jogging, banyak masyarakat Surabaya yang berantusias mengikut CFD "Car Free Day" tiap minggunya.

Dalam perjalanan Surabaya ke PGC kami menghabiskan waktu kurang lebih 5 jam soalnya kami selama perjalanan banyak mandeknya di Pertamina dan Indomaret khususnya, disamping itu juga keselamatan menjadi prioritas utama jadi kami membawa kendaraan dengan kecepatan standart dan berhati-hati. Arah menuju ke PGC kalau tidak salah sama dengan arah menuju ke Sendang Biru dan Sempu, kemudian setelah muncul di pertigaan maka arahnya berbeda untuk menuju ke PGC. Berhubung Saya bukan yang menyetir sepeda motor jadi saya tidak terlalu hafal jalan arah menuju kesana, cuma sekedar tau doank.

PGC "Pantai Gowa China"
Setelah melihat pada papan petunjuk arah ke PTG, sedikit lagi kami hampir tiba disana, jalan menuju ke PGC tidaklah semulus yang saya bayangkan, jalanan nya penuh dengan bebatuan ditambah ban motor yang saya kendarai tidak cocok dengan keadaan jalan dan akhirnya saya tiba juga di PGC ini.

Keidahan alam disini begitu menawan dan sangat memesona apalagi pantainya yang bersih dan lautannya bewarna biru. Karena kami sampai disini agak siang suasana dipantai lumayan panas dan itu tidak membuat kami malas untuk berkeliling didaerah sekeliling pantai. Saya juga sempat berfoto-foto disana, ini beberapa foto kami di PGC.

Bersama ketiga teman saya berfoto di depan Pantai Gowa China. Eko, Dhoni, dan Saya.

Pantai Goa China
Pemandangan di Pantai Gowa China yang sangat indah dengan laut dan langit birunya ^-^
Mungkin ini alasan kenapa tempat wisata ini diberi nama Pantai Gowa China, bisa jadi karena Disebelah pantainya terdapat Gowa China, maka jadilah namanya Pantai Gowa China.

Pesisir Pantai Goa China
Menurut informasi yang saya dengar berkenaan dengan Pantai Gowa China ini dulu ceritanya terdapat orang China yang bertapa bertahun-tahun lamanya didalam goa itu dan tiba2 menghilang hingga sekarang tidak diketahui keberadaannya. Salut banget deh pokoknya sama orang China, betapa aja sampe ke Indonesia, sampe saat ini saya belum pernah dengar cerita orang Indonesia yang bertapa di China,, hehehe.

Perjalanan kami selanjutnya menuju ke .. -->>

Gunung Kelud, Kediri..
Setelah bersenang-senang di PGC kami melanjutkan perjalanan ke Gunung Kelud. Siapa sangka baru beberapa menit kemudian kami melanjutkan perjalanan tiba-tiba keadaan cuaca disini hujan deras terpaksa kami berteduh dan mengeluarkan jas hujan, tragisnya lagi, saya tidak membawa jas hujan jadi basah-basahan selama perjalanan.

Keadaan hujan deras tidak menghalangi tekad kami untuk melanjutkan perjalanan ke tempat wisata selanjutnya, sepanjang perjalanan hingga hujannya reda kami tetap terus berjalan hingga baju saya yang tadinya basah menjadi kering.

Dalam perjalanan, tidak sedikit kasus terjadinya kecelakaan disini, kalo saya hitung2 ada 4 s/d 5 kecelakaan dengan type berbeda2 yang kami temui selama perjalanan, maka dianjurkan bagi anda yang ingin berpergian harus selalu lebih berhati-hati khususnya bagi pengguna sepeda motor.

Berhubung akses jalan menuju ke Gunung Kelud sedikit lebih rumit dari yang saya bayangkan, terpaksa kami mengandalkan kecanggihan teknologi saat ini yaitu menggunakan Google Maps, jadi selama perjalanan menuju ke Gunung Kelud kami mengandalkan Gmaps sepenuhnya, walau arah jalan yang ditampilkan di Gmaps awalnya sangat meragukan, kami melewati jalan berbatuan, sungai, dan sawah orang lain hingga pada akhirnya kami tiba juga di Gunung Kelud, tapi keadaan disana sudah sore.

Karena kondisi fisik yang lumayan capek, disini kami cuma numpang makan-makan diwarung dan foto doank.
Pintu utama Guung Kelud, Kediri

Eksis bareng Pasha & Eko, Temen Touring
Setelah puas makan2 nya dan foto2 disini, malamnya setelah shalat maghrib berjamaah di mesjid kami langsung pulang menuju ke kota Surabaya, arah jalan pulang kami melalui Pare--> jombang--> Surabaya.