Tuesday, November 25, 2014

"Masa dilema setelah lulus kuliah.."

Wisuda merupakan acara pelepasan mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan selama kuliah  di Universitas dan mengubah status yang dulunya mahasiswa menjadi alumni. Saya pikir setelah wisuda saya bisa bebas dari kuliah yang tugas-tugas yang sangat menyiksa waktu dan terlebih lagi  saya dapat terbebaskan dari ribetnya mengerjakan TA atau Tugas Akhir, maklum saja di ITS memiliki standar tugas akhir yang sedikit rumit jadi harus sesuai dengan standar ini itu dan harus bisa dipublikasikan minimal di POMITS.
Kebetulan topik dari tugas akhir saya masih tergolong baru dan bersifat ilmiah, bisa dikatakan sebagai pencetus yang pertama di jurusan saya, berhubung saya tipikal orang yang tidak terlalu ahli dibidang IT banget jadi saya mengambil topik tugas akhir kolaborasi antara investasi IT dengan beberapa faktor insting. Menggabungkan antara ilmu Teknologi Informasi dengan Psikologi, serasa saya menjadi seperti peneliti banget untuk mencetuskan teori baru yang berhubungan dengan IT dan psikologi. 

Kalau kata temen saya yang kurang beruntung dan masih belum lulus atau sedang merasakan indahnya dunia kampus, "enak ya sudah wisuda sudah bisa bebas dari tugas kuliah yang menumpuk dan bisa nyari kerja". Memang ada enak dan tidak enaknya, kalau saya pikir setelah lulus dari kuliah saya akan disambut oleh rintangan dan masalah yang baru, Selamat datang di permasalahan baru disini anda akan banyak mengenal masalah, rintangan, dan lika-liku kehidupan. kalau saya sih lebih ambil bagian positifnya saja, dimana setelah lulus saya hanya fokus terhadap pekerjaan yang ingin saya tempuh sesuai minat dan karir yang saya ingin capai.

Meski banyak perintah dan tekanan dari beberapa orang disekitar saya seperti ortu, abang, kakak, tante, teman, pacar, calon mertua dan lain sebagainya. Saya tetap menjalankan misi karir hidup saya sesuai apa kata hati diri saya sendiri, Kebetulan sekali saat ini saya sudah di terima di salah satu perusahaan Bank di Indonesia yang masih tergolong swasta, kalo kata orang-orang sih ngapain kerja di perusahaan swasta mending di perusahaan BUMN aja lebih terjamin, nanti tiba-tiba bisa di phk, yah setidaknya saya jalani dulu bekerja disini untuk mencari pengalaman bekerja dan sebisa mungkin dapat saya jadikan sebagai batu loncatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih bagus, tetapi kalau saya sudah nyaman disini yah ngapain pindah wong udah enak disini ya gak? 

Jika bercermin dari aktivitas-aktivitas setiap mahasiswa yang baru lulus kuliah, banyak yang melamar sana-sini bahkan dari ribuan pendaftar kerja yang diambil hanya puluhan orang doank, duuh sakitnya tuh disini, apalagi sampai di Php-in oleh perusahannya. huhuhu. Intinya masa setelah anda lulus kuliah adalah masa dimana kita harus mengintropeksi diri, sebisa mungkin temukan kemampuan dan passion kita sendiri untuk memulai jenjang karir kedepannya, seperti kata pepatah inggris "Follow your passion and success will follow you. Tetap semangat menempuh masa depan ya dan terus berjuang. :)


0 comments:

Post a Comment