Sunday, January 18, 2015

Wisata Alam Indonesia, Menurut Tourist Singapore

Stasiun Surabaya Gubeng
Setelah seminggu berlibur di Jogja akhirnya saya kembali ke Surabaya dengan kereta api ekonomi logawa jurusan stasiun lempuyangan - surabaya gubeng. Rata-rata penumpang yang memesan tiket secara online berada pada gerbong utama, itu sih menurut survey yang saya lakukan sendiri, pertama disini banyak sekali pendatang dari berbagai daerah baik domestik atau internasional kemudian di gerbong ini  semua penumpang dilengkapi dengan gadget yang canggih menggambarkan kalau mereka dapat memanfaatkan teknologi dengan baik alias tidak gaptek. Saya mendapatkan nomor kursi dibagian tengah yang dikelilingi oleh beberapa cewek yang saya tidak kenal, saya merasa salah memilih kursi yang nyaman karena diposisi tengah saya merasa kurang leluasa apa lagi kalau mau ke toilet harus bilang permisi berkali-kali karena melangkahi dan mondar-mandir yang membuat mereka merasa tidak nyaman.

Saya merasa ada yang unik dengan cewek yang duduk disebelah kiri saya, dari bahasa yang mereka ucapkan sangat asing terdengar di telinga saya, bahasa yang diucapkan sangat cepat dan sulit untuk saya pahami, Si cewek itu dengan asik menulis dibuku diarynya dalam beberapa menit dia telah menghabiskan sampai puluhan lembar dengan tinta tulisannya. Saya memandangnya sangat serius menulis padahal nulis diary tok kok sampai seserius itu, daripada gak enak jadi patung mulu akhirnya saya coba untuk mengajak ngobrol santai, Setelah basa-basi kenalan ini itu cerita panjang lebar ternyata si cewek dari singapore yang nekad datang ke indonesia dengan seorang temannya yang duduk disebelahnya. Katanya sih ini baru pertama kali dia ke Indonesia untuk liburan cuti dari kantornya. Setelah tiba di Indonesia dia langsung terpukau sama keindahan gunung bromo dan gua pindul yang ada di  Jogjakarta. 
Bromo, Indonesia
source : http://fc01.deviantart.net/fs34/f/2008/291/9/0/Bromo_by_mazrobby.jpg
Saya aja sudah 4 tahun kuliah di Surabaya masih belum pernah ke bromo, saya sampai merasa malu ketika ditanya kenapa tidak pernah ke bromo? bromo itu indah loh, kamu tidak dapat melihat keindahan alam seperti itu jika di Singapore, ya iya lah, Singapore cuma negara seukuran di kabupaten di Indonesia disana juga hampir semua lahan sudah dipenuhi dengan bangunan gedung-gedung yang luar biasa besarnya. Oh iya nama si cewek itu 'Masyi', sebelum menginjakkan kaki nya ke tanah Indonesia sebelumnya si Masyi ini sudah pernah mengitari negara-negara tetangga di Asia, dia pernah ke Hongkong, Jepang, dan Singapore. Saya pikir Singapore tidak perlu dihitung lagi karena itu negara asal dia. wekekeeke :D

Dari hasil perbincangan saya dengan Masyi, dan kebetulan kami ngobrol dengan bahasa inggris biar lebih mudah saling memahami. Saya pernah tanya apa kesan kamu selama di Indonesia? like always, semua orang luar negeri yang datang ke Indonesia pasti mengatakan orang Indonesia semuanya ramah-ramah, solidaritasnya tinggi, wisata alam di Indonesia sangat indah dan menawan, dia merasa takjub dengan keindahan alam yang ada di Indonesia seperti wisata Gunung Bromo, dia berharap suatu saat nanti dapat kembali ke Indonesia untuk menjelajah ke tempat-tempat wisata alam lainnya yang ada di Indonesia. Gila bukan? bagaimana dengan masyarakat Indonesia sendiri yang sampai saat ini masih tertidur dan belum menyadari begitu banyak tempat-tempat wisata yang sangat indah yang harus dikunjungi. Saya setuju dengan kata-kata dari buku Trinity "The Naked Traveler". Semakin sering orang yang traveling ke luar negeri maka semakin cinta mereka sama negara tanah air kita sendiri, Indonesia.
Puncak Mahameru (keindahan alam Indonesia)
Saya juga mengatakan rata-rata orang Indonesia kalau liburan sering banget ke Singapore, Singapore kan negara maju, kaya, sangat disiplin dengan kebersihan dan disiplin terhadap peraturan-peraturan yang berlaku disana. Masyi mengiyakan apa yang saya katakan, dia juga menceritakan kesibukan masyarakat disana yang sangat sibuk mengejar karir dan pendidikan, tanpa karir dan pendidikan kita tidak bisa survive jelasnya. Memang kalau dari segi ekonomi, politik dan lain-lain Singapore sangat maju tetapi kalau berbicara tentag wisata alam Indonesia masih  menjadi tempat wisata yang sangat indah untuk dikunjungi. hehehehe

Pesan singkat dari saya, begitu banyak tourist yang datang ke Indonesia menghabiskan waktu liburan mereka, mereka merasa takjub dengan keindahan alam disini, keindahan alam yang mungkin tidak mereka temui disana, cuma kita masih belum mau untuk mengunjungi keindahan-keindahan tersebut. Wisata Indonesia tidak kalah bagusnya dengan yang ada diluar negeri setidaknya kita bisa menghemat pengeluaran biaya transportasi dan dapat meningkatkan perekonomian negara. Seperti kata-kata mutiara yang sering saya temui di iklan "Cintailah Produk Indonesia" atau "Cintailah Wisata Indonesia".


0 comments:

Post a Comment