Thursday, December 20, 2018

Candi Hunter, Berburu Situs Wisata Sejarah di Bangkok.

Bangkok merupakan ibu kota dan kota terbesar yang berada di Negeri Gajah Putih, Thailand. Terletak di tepi barat Sungai Chao Phraya didekat Teluk Thailand, Bangkok menyuguhkan berbagai keindahan dari setiap sudut. Bangkok menjadi tujuan wisata terpopuler di dunia karena memiliki banyak situs-situs budaya yang masih dijaga kelestariannya. Terdapat banyak candi peninggalan purbakala pada masa peradaban Hindu-Budha yang dibuka untuk para wisata yang ingin berlibur.

Pada akhir tahun 2015 lalu saya memasukan ke salah satu jadwal intinerary traveling saya pada hari pertama untuk mengitari beberapa candi di Bangkok. Hari pertama saya mengunjugi 3 candi menggunakan alat transportasi publik. Transportasi publik dapat diakses dengan nyaman anda dapat menumpangi bis, taxi, MRT, dan BTS. untuk membeli tiket transport MRT dan BTS anda cukup membelinya di loket terdekat nanti akan diberikan tiket berupa koin, tidak perlu khawatir transportasi umum disini ontime dan penumpang disini sangat disiplin dan tertib.

Grand Palace, Bangkok
Grand Palace & Wat Phra Kaew
Grand palace juga disebut Temple of The Emerald Buddha.merupakan tempat tinggal para raja Bangkok pada zaman dahulu. Dibangun pada tahun 1782, Royal Grand Palace merupakan simbol dari kota Bangkok yang sangat terkenal dan menjadi objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Bangkok. Berhubung cuaca di bangkok hampir sama seperti di jakarta, panas kalo siang hari,  so be ready ya guys, kalo bisa memakai pakaian yang sopan dan membawa perlengkapan seperti topi, kacamata, serta payung.

Lokasi : Na Phra Lan Road, Old City (Rattanakosin)

Wat Phra Kaew, Bangkok.
Jalan Menuju Wat Phra Kaew
Wat Pho
Wat Pho patung tidur budha terbesar sepanjang 46 meter yang berdiri sejak tahun 1781 M.
Biaya tiket masuk kedalam wat pho anda cukup bayar 50 baht saja atau setara dengan Rp. 22.000. Pengalaman saya dulu sih setelah mengunjungi Wat Pra Kaew/Grand Palace dari sini anda bisa naik ojek atau taksi untuk menuju ke Wat Pho. Karena tidak terlalu jauh anda cuma menyiapkan ongkos 30-50 baht saja jika naik ojek, dan perlu diingat jangan sekali-kali menaiki tuk-tuk karena harga yang tidak masuk akal. Jika anda terpaksa naik tuk-tuk usahakan nego separuh dari harga yang diminta. 

Lokasi : 2 Sanam Chai Rd, Khwaeng Phra Borom Maha Ratchawang, Khet Phra Nakhon, Krung Thep Maha Nakhon 10200, Thailand

Wat Pho, Patung Emas Budha Tidur. Bangkok
Di area luar anda juga bisa menikmati keindahan pemandangan yang tidak kalah menarik sebagai spot foto peninggalan sejarah peradaban Hindu-Budha.

Wat Pho, Outside Area
Wat Arun
Ada yang menarik pada candi ini, beda dari candi-candi sebelumnya untuk mengunjungi Wat Arun anda harus menyeberangi sungai Chao Praya, Wat arun terletak di pulau yang terpisah dari kota Bangkok. Cara naik boat ini cukup gampang.anda tinggal menuju ke pier yang terdekat dengan lokasi yang ingin anda tuju. Misalnya anda ingin ke Wat Rakhang, pier terdekat adalah di Tha Chang atau jika kalian ingin ke Wat Arun, pier terdekat adalah di Tha Thien Market. Di kedua lokasi pier, terdapat masing-masing sebuah loket. 

Untuk tiket PP nya cuma 6 baht saja, jam operasional pier sampe sore hari. Jarak yang harus diseberangi pada masing-masing pier tentu berbeda karena lebar Chao Phraya di tiap titik berbeda, yaitu antara 200 meter hingga 1200 meter.waktu yang dibutuhkan juga tidak terlalu lama, kurang lebih 10-15 menit saja.

Lokasi : 158 Thanon Wang Doem, Khwaeng Wat Arun, Khet Bangkok Yai, Krung Thep Maha Nakhon 10600, Thailand

Boat Sungai Chao Praya, Bangkok.
Wat Arun.
Setelah mengitari destinasi sekitar Wat Arun, waktu telah menjelang sore hari saya memutuskan untuk kembali ke penginapan saya. Saya pergi ke pier tempat saya turun sebelumnya, untuk menaiki boat arah pulang. Setibanya disana saya langsung menuju ke stasiun MRT terdekat, menuju arah sutthisan MRT station tempat penginapan saya. Mudah banget bukan, semoga liburan anda menyenangkan.

0 comments:

Post a Comment