Tuesday, December 11, 2018

Pesona Keindahan Alam Takengon, Daerah Lahirnya Kopi Gayo. (Ngopi Kuy)

Kopi Gayo khas Aceh Tengah
Siapa sih yang tidak kenal dengan kopi Gayo? Kopi telah diakui taraf International ternyata produksinya masih dilakukan secara tradisional. Proses pembuatan dari awal hingga akhir masih mengandalkan tenaga kerja petani. Lingkungan yang masih natural di dataran tinggi dan bebas dari asap polusi dapat memproduksi biiji-bijian kopi yang berkualitas hingga di ekspor sampai keluar daerah. 

Ketika cuti kemarin saya beserta keluarga liburan ke kota Takengon. Selain dikenal dengan kopi Takengon juga terkenal dengan berbagai tempat wisata alamnya yang sangat memukau tidak sedikit warga Aceh yang berliburan kesini, mungkin bisa jadi referensi anda juga ketika pingin berlibur di Aceh.

Danau Laut Tawar, Takengon
Danau Laut Tawar
Danau laut tawar adalah sebuah danau dan kawasan wisata yang terletak di Dataran Tinggi tanah Gayo Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Disisi barat terdapa kota Kabupaten Takengon. Merupakan Ibukota Aceh Tengah. Merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh parawisata karena keindahan alamnya. Biasanya pengunjung mengabiskan waktu bersama teman dan keluarga dipinggiran danau sambil menikmat pemandangan danau yang sangat indah.


Gua Patung Putri Pukes
Patung Putri Pukes
Berdasarkan sejarah seorang putri bernama putri pukes yang telah jatuh cinta dengan pria tampan, namun hubungan cinta ini tidak direstui oleh ibunya, hingga putri pukes bersikeras untuk menikah dengan pria tampan tersebut karena ibundanya sedih ditinggal pergi olehnya hingga akhirnya Putri Pukes menengok ke belakang ke arah ibundanya seketika saja, Putri Pukes berubah menjadi batu.. Disini tempat yang paling ramai dikunjungi karena peninggalan sejarahnya. Patung Putri Pukes terdapat didalam goa yang kecil dan gelap tidak jarang juga pengunjung berfoto-foto disini.

Puncak Pantan Terong, Takengon
Puncak Pantan Terong
Puncak Dataran Tinggi yang terletak di kecamatan bebesan berjarak 7 kilometer dari kota Takengon. Merupakan destinasi yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Disini kita dapat menikmati latar pemandagan dari atas melihat keseluruhan kota Takengon hingga danau laut tawar. Kondisi Jalan yang ditempuh untuk kesini tidak begitu bagus karena kita harus melewati jalan berbukit dan juga banyak tekongan-tekongan tajam.


Pemandian Air Panas, Simpang Balek
Pemandian Air Hangat Simpang Balek
Setelah lelah muter-muter daerah wisata Takengon, mungkin anda dapat menyempatkan waktu untuk singgah di pemandian air hangat simpak balek. Air hangat belerang ini langsung mengalir dari sumber mata airnya dari gunung. Suhu di kpta ini bisa mencapai sekitar 15 derajat celcius, sangat cocok untuk merefleksi badan di pemandia air hangat. bagi anda yang tidak membawa perlengkapan mandi, jangan khawatir karena disini banyak menyediakan "basahan"(pakaian untuk mandi). Anda bisa langsung beli di berbagai toko atau menyewanya. Sekian Informasi yang saya sajikan, semoga bermanfaat ya.. sampai ketemu ditulisan selanjutnya... ^_^

0 comments:

Post a Comment