Thursday, December 13, 2018

Upgrade Kreativitas, Startup Nation Summit 2018 powered by Google Developer Launchpad.

Startup Nations Summit (SNS) adalah jaringan pembuat kebijakan seluruh dunia dalam mengidentifikasi, menguji serta kebijakan inovatif oleh kaum enterpreuner kreatif muda. SNS mulai dilaksanakan pada tahun 2012, di Toronto. Kemudian pada tahun 2013, di Kuala Lumpur, tahun 2014, di Seoul,  tahun 2015 di Monterrey, tahun 2016 di Cork, dan 2017 di Tallinn, hingga SNS pada tahun 2018 di Surabaya, Indonesia.

Berhubung weekend ini jadwal libur, bertepatan pada tanggal 17 November 2018, tiba-tiba dapet ajakan ikut seminat dari temen komunitas ECC English Club Conversation Surabaya ke seminar "Startup Nation Summit Surabaya 2018"  yang diadakan oleh Google Developers Launchpad. Awalnya saya masih belum ngeh maksud dari seminar ini. Namun setelah browsing mencari tahu apa sebenarnya maksud dan tujuan dari seminar ini akhirnya saya memutuskan untuk mendaftar pada seminar tersebut. 

Sebagai informasi aja, sebelum mengikuti seminar kita harus tau dulu apa itu startup? startup adalah Perusahaan baru yang didirikan oleh sekelompok team yang kurang dari 20 orang. Startup biasanya masih dalam tahap proses pengembangan, yang usianya masih dibawah 3 tahun. Biasanya produk berupa aplikasi berbasis desktop/website dan digital.  Namun tidak sedikit para sponsor yang mencari startup untuk dibiayai, karena sebagai ajang kreatifitas bagi kaum milenilas.

eksis bareng peserta Startup Nation Summit 2018, Surabaya.
Selfie bareng temen komunitas ECC Surabaya, SNS 2018.
Sebelumnya kita harus daftar terlebih dahulu, pendaftaran dengan cara mengisi form pada link  google docs. Disana akan dimintai identitas nama, alamat, email dan sebagainya. Setelah mengisi identitas maka kita harus menunggu email konfirmasi untuk undangan yang tersedia. Berhubung kouta yang diadakan sangat terbatas. Jadi mau ga mau harus nunggu. Jika kouta masih tersedia makan dalam beberapa jam akan dapat email konfirmasi undangan untuk kehadiran pada seminar serta rundown acaranya.

Contoh Email Kofirmasi setelah mendaftar. by DIGITARAYA.
Acara ini diselenggarakan oleh Digitaraya, anda bisa mengakses alamat websitenya disini
https://digitaraya.com. Digitaraya sendiri adalah partner dari Google Developers Launchpad untuk menyelenggarakan seminar dan seleksi pada startup yang kompeten. Tujuan dari diadakan SNS adalah sharing pengalaman mengenai beberapa startup yang telah berkembang dan didanai oleh Google Developers Launchpad. diantaranya khusus dari Indonesia seperti : Reblood, Setipe, Snapcart, ruang guru, modalku dan sebagainya.

Pada tahun 2018 SNS pihak digitaraya membuka pendaftaran hingga bulan desember. Bagi anda enterpreuner yang ingin mendaftarkan startupnya ke digitaraya. Maka setelah proses seleksi hingga pengujian yang terbaik nantinya akan dibiayai sekitar kurang lebih 600 juta serta mendapatkan training selama 2 minggu di Silicon Valley. Enak banget ya guys.. hehehe

Oh iya, perlu diketahui untuk Google Developers Launchpad/Program Digitaraya cuma hanya bisa diikuti oleh startup yang telah berjalan, artinya anda sudah memiliki aplikasi startup bekerja secara team dan aplikasi anda sudah go public. Namun jangan khawair, buat anda yang masih belum memiliki aplikasi startup buatan sendiri, anda bisa mengonsep ide kreatif anda mulai dari sekarang. Khusus bagi anda yang berdomisili di Surabaya, anda bisa join di komunitas 1000 startup, disana nanti kita bisa bertemu dengan para pejuang komunitas statrup, nantinya akan dibimbing dan bekerja sama untuk menerapkan ide kreatfi anda. dan untuk lokasi lengkapnya anda dapat langsung menuju ke lokasinya, di , Koridor Co-working space, Gedung Siola Tunjungan Surabaya.

Peserta dan Pengisi acara SNS rata-rata terdiri dari berbagai negara, jadi wajar saja seluruh acara diisi menggunakan bahasa inggris, so, bagi anda yang masih kurang pede sama bahasa inggris anda jangan khawatir, disini pihak digitaraya juga menyediakan alat translator berupa headphone secara live.

Sekian tulisan saya saat ini, semoga memberikan manfaat. Semoga kita dapat bertemu lagi pada SNS tahun depan. see yaa.. ^_^
Peserta Summit Nations Surabaya 2018, di Grandcity Convention Hall.


2 comments: